Apabila Pantai Piwang Disetujui, Hendra Usulkan Tugunya Terbuat Dari Emas

Apabila Pantai Piwang Disetujui, Hendra Usulkan Tugunya Terbuat Dari Emas

Natuna, (MetroKepri) – Kronologis perubahan nama Pantai Kencana menjadi Pantai Piwang, kini telah terbuka. Melalui konfrensi pers, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Natuna, Hendra Kusuma menjelaskan perubahan nama pantai tersebut di ruang kerjanya, Selasa 26 November 2019.

“Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari kegiatan ini bertanya dan menyampaikan kepada saya. Apakah Pantai Kencana ini sudah ada perda ataupun sudah ada produk hukum lainnya. Setelah saya cek kebagian hukum, ternyata belum ada. Karena belum ada produk hukumnya, saya koordinasikan lagi dengan PPK dan dibuatlah inovasi berupa testimoni dengan nama Pantai Piwang,” paparnya dihadapan sejumlah awak media.

Testimoni ini, menurut Hendra Kusuma dengan berbagai pertimbangan seperti bertanya sana-sini, cek di google, melihat kearifan lokal dan masuk ke dalam bahasa daerah setempat.

“Setelah testimoni, saya bertanya kepada PPK. Konsekuensinya bagaimana kalau seandainya masyarakat menolak nama tersebut, PPK mengatakan kita tinggal robohkan dan ganti,” ujarnya.

Masih kata dia, nama Piwang ini bila dicek di google belum ada namanya di pantai manapun. Tapi apabila dicek nama Pantai Kencana sudah ada di beberapa tempat dan menjurus ke daerah Bali ataupun Jawa.

Hendra mengutarakan, dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan rapat dengan tokoh-tokoh masyarakat dan DPRD Natuna terkait nama Pantai Piwang. Kalau memang hasil rapat nanti nama Pantai Piwang ini tidak pas dan ditolak, tugunya akan dirobohkan dan diganti namanya sesuai hasil rapat.

“Kalau nama Pantai Piwang ini disetujui, tugu yang sudah ada akan saya buat lebih bagus lagi, diusulkan akan dibuat dari emas 18 karat ataupun dari stainless steel. Karena ini daerah kita, satu-satunya pantai tempat membawa keluarga kita bermain dengan nyaman hanya di Pantai Piwang ini,” ucapnya.

 

Untuk itu, Hendra Kusuma berharap, masyarakat mendukung nama Piwang ini karena nama Piwang ini merupakan bahasa lokal, masuk kearifan lokal dan mempunyai nilai jual bagi daerah.

“Saya yakin, ide perubahan nama ini diterima oleh masyarakat. Saya lihat perkembangan di Facebook, hampir semua masyarakat mulai setuju dengan nama ini,” katanya.

Hal senada juga dikatakan oleh Kabid Permukiman Dinas Perkim Natuna, Suratmodjo yang biasa disapa Jojo. Ia mengatakan, agenda minggu depan akan dibahas didalam rapat bersama tokoh-tokoh masyarakat dan DPRD Natuna di Kantor Kecamatan Bunguran Timur.

“Nama awal pantai ini adalah Pantai Tanjung Sebung. Kalau ada wacana dikembalikan ke nama awalnya, kita serahkan pada hasil rapat. Tokoh masyarakat akan memberikan masukan, tergantung rapat nanti. Kalau nanti menjadi lebih baik, kita akan rubah dengan banyak pertimbangan,” imbuhnya. (*)

Penulis : Manalu
Sumber: https://www.metrokepri.com/apabila-pantai-piwang-disetujui-hendra-usulkan-tugunya-terbuat-dari-emas/

Leave a Reply